Sabtu, 08 Oktober 2011

tips jika laptop terkena tumpahan air










zaman sekarang laptop memang udah umum banget  dan sangat laku dipasaran, karena bentuknya yang ramping dan bisa dibawa kemana-mana, mulai kalangan anak-anak hingga dewasa laptop sangat diperlukan, apalagi buat anak2 ABG yang lagi kebanjiran tugas skripsi atau makalah bisa membuat tugas dimana saja. laptop udah termasuk gadget yang wajib ada dikalangan remaja, so, apa jadinya kalo laptop kena air sampe gak bisa dinyalain lagi dan semua dokumen penting HILANG??? no no no! bisa-bisa pingsan, kehabisan oksigen, masuk rumah sakit, bikin surat wasiat #terlalu mendramatisir
sekarang, ada tips-tipsnya loh ceman ceman,
berikut tindakan yang harus dilakukan ketika laptop terkena tumpahan air :

1.lepaskan baterai dan jackpower apabila laptop dalam keadaan hidup. buka flip LCD sampai maksimal terbuka lalu posisikan laptop tertelungkup/dibalikin/terbalik/nungging/belakangnya yang diliatin. biarkan beberapa jam (lebih lama lebih baik) sehingga air yang masuk mengalir keluar.

2.lepaskan keyboard, jemurlan keyboard di tempat yang tidak terlalu panas dalam keadaan terbalik. jika air yang masuk termasuk air yang lengket (kopi,teh,madu), kuas selah-selah keyboadr menggunakan air perlahan-lahan dan jangan ditekan.

kemudian, jemurlah seperti cara diatas dalam beberapa jam lalau blower dengan kipas angin semalaman. pada saat proses pengipasan tekan-tekanlah tuts untuk menghindari adanya uap yang tertinggal pada fleksibel yang menyebabkan keyboard lengket

3.blower bagian laptop dalam posisi menyamping dan posisi fentilasi fan dibawah untuk meyakinkan air dapat mengalir lewat fentilasi fan tersebut.
catatan : jika air tumpahan terlalu banyak sebaiknya seluruh bagian laptop dibuka dan dikeringkan. jika anda yakin dapat melakukannya sendiri hubungi service center terdekat.

4.pasang kembali semua bagian tanpa menggunakan baterai, kemudian sambungkan listrik dari adapter, jangan langsung dihidupkan perhatikan gejala-gejala yang timbul. dekatkan penciuman anda ke laptop, jika ada yang berbau hangus, lepaskan koneksi power.
blower kembali seperti tahap yang diatas untuk beberapa waktu, semakin lama semakin baik.kemudian lakukan kembali tahapannya. apabila sudah  tidak ada indikasi bau ataupun hal-hal yang mencurigaka lagi, lepaskan hubungan listrik lalu pasang baterai kembali.
lihat reaksinya, apabila tidak ada indikasi yang mencurigakan, sambungkan listrik dan perhatikan lead lampu baterai indikator menyala atau tidak, jika menyala hidupkan laptop anda dan perhatikan bau atau indikasi lainnya untuk beberapa saat.

5.jika masih ada indikasi yang mencurigakan (tidak seperti biasanya) sebaiknya menghubungi service center untuk mencegah kerusakan yang lebih parah lagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar