Senin, 08 Agustus 2011

makanan sehat saat sahur dan berbuka

di bulan puasa ini tentunya kita harus pintar-pintar memilih makanan yang sehat, yang gak bikin maag kita kambuh dan yang bikin kita kuat saat menjalankan aktivitas di bulan puasa ini, nah, kali ini gue bakal ngasih tau para readers nih tentang"apa sih makanan yang cocok nan sehat biar kita gak lemes dan tetap bugar saat kita beraktivitas di bulan puasa ini?", ini dia jawabannya :

1.BUAH-BUAHAN

buah-buahan umumnya mengandung banyak sekali kandungan gizi, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk dikonsumsi. apalagi kita sangat dianjurkan memakan buah-buahan manis saat berbuka puasa sebelum kita menyantap makanan yang berat-berat. mengapa? karna pada saat berbuka, lambung belum siap untuk menyantap makanan berkarbohidrat seperti nasi. maag pun bisa datang kapan saja, sedangkan pada sahur, buah-buahan membuat kita tatap segar dan fit saat menjalankan rutinitas di siang hari.

2.minuman manis alami tanpa gula tambahan

lagi-lagi buah berperan pada saat berbuka dan sahur. jus buah tanpa gula sangat baik dikonsumsi. jangan menambah gula tambahan pada jus buah karena akan menyebabkan efek yoyo pada timbangan nantinya di hari Raya, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik

3.KARBOHIDRAT KOMPLEKS

(ubi, bubur kacang hijau dengan gula aren, nasi merah, gandum, atau spageti) akan lebih baik kalau tidak dengan makanan yang berminyak atau digoreng. nasi putih dan gorengan akan membuat ngantuk karena gorengan dapat mengikat oksigen darah hingga 20%.

4.AIR PUTIH

agar tidak dehidrasi, minum air putih minimal 1 liter pada buka puasa sebelum memakan makanan yang lain.

5.LEMAK SEHAT

pilih lemak sehat atau lemak yang tak digoreng seperti zaitun,minyak kelapa atau flaxseed oil dan alpukat,Misalnya dalam bentuk sambal. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Akan tetapi kalau diasup minyak gorengan, baik dari makanan siap saji yang dibeli semalam sebelumnya, atau menggoreng langsung, maka kita memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang

semoga bermanfaat ! :)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar