Selasa, 16 Agustus 2011

HUT KEMERDEKAAN RI KE 66, YAIKS !

hi guys, you know what day is this? yup, today is indonesian republic's independence day! so, i would say HAPPY BIRTHDAY INDONESIA!


tahun ini, Indonesia merayakan ulangtahunnya yang ke 66 lho!tepatnya tanggal 17 Agustus! dan ada yang berbeda nih, tahun ini kemerdekaan Indonesia bersamaan dengan bulan Ramadhan, yaitu bulan dimana para umat muslim menjalankan ibadah puasa. tentunya tidak akan mengundurkan tekat warga Indonesia untuk melaksanakan upacara Bendera, ya iya dong! kita harus tetap menghargai betapa sulitnya para Pahlawan indonesia untuk memperjuangkan Tanah Air ini. lomba-lomba yang selalu menghiasi hari kemerdekaan ini tetap dijalankan dibeberapa daerah tetapi mungkin ada yang dikurangi, seperti makan kerupuk karena dapat membatalkan puasa kita! dan mungkin juga ada beberapa lomba yang akan ditiadakan, tetapi ingat! hari kemerdekaan Indonesia bukan masalah lomba atau tidak, tapi upacara bendera dan terus menghargai serta mencontoh semua jasa para pahlawan.
waktu kemerdekaan tahun lalu, gue pernah nonton salahsatu acara TV, hostnya itu nanya-nanya tentang Indonesia, kaya 'gimana bunyi proklamasi?', 'gimana bunyi pancasila?', 'siapa presiden pertama di Indonesia?', 'hafal lagu2 Indonesia?', dan kalian tahu?? ternyata sebagian dari mereka gak tau gimana bunyi proklamasi,pancasila,sumpah pemuda, dan bahkan ada yang gak tau presiden pertama diIndonesii! ckckck..gue baru tau ternyata ada aja warga Indonesia yang gak tau, apa masih pantas mereka dianggap warga negara Indonesia? kalo mereka sendiri gak tau gimana seluk beluk Indonesia, apa jangan-jangan mereka gak tau dulu Indonesia pernah dijajah? ya AMPUUN hare genee..yah kita jangan sampe deh kaya gitu

makna proklamasi
pada tanggal 17 Agustus tahun 1945, Ir.Soekarno Hatta atau biasa kita sebut Bung Karno mendeklarasikan kemerdekaan di Jakarta, tepatnya di Jalan pegangsaan Timur No.56, Jakarta Pusat. Bung Karno yang didampingi oleh Wakil Presiden Indonesia pertama yaitu Drs.Moh Hatta membacakan Naskah Asli sebagai berikut :

kebaca kan para readers? tanpa dibacapun kalian pasti hafal dong bagaimana bunyinya? yup, itu HARUS! sebenarnya, teks Proklamasi mengalami beberapa perubahan, dan ini beberapa perubahannya :
  • Pada naskah yang lama kata “tempoh” itu dirubah dengan kata “tempo”, itulah kata yang digunakan pada naskah proklamasi
  • Pada signatur, kata “wakil-wakil bangsa Indonesia” diganti dengan “atas nama bangsa Indonesia”.. (emang agak terdengar ganjil sih kalau pake kata wakil-wakil)
  • Berikutnya itu kata “Djakarta, 17-8-05” penulisannya dirubah jadi “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahun ’05, pasti ada yang tanya kenapa tahun ’05.. jadi penggunaan tahun ’05 itu mengikuti tahun jepang, karena pada saat itu Indonesia sedang dijajah jepang so penanggalannya juga menggunakan tahun Jepang. Pada saat itu tanggal sebenarnya adalah 17 Agustus tahun 2605 (tahun Jepang)
  • Terus naskah asli yang akan dibacakan oleh Bung Karno pada hari deklarasi kemerdekaan itu sudah ditandatangani oleh Bung Karno dan Bung Hatta



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar